Visi Misi

  1. Visi SMK Darul Abror

Menyiapkan lulusan yang berprofil pelajar pancasila, berjiwa wirausaha, peduli lingkungan dan berwawasan modern dengan nilai-nilai pesantren.

2. Misi SMK Darul Abror

Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakar pada norma agama, budaya bangsa dan nilai-nilai pesantren.

Mengembangkan sekolah pencetak wirausaha.

Menciptakan lingkungan sekolah yang berwawasan adiwiyata.

Melaksanakan pendidikan yang modern.

3. Tujuan dan Indikator Ketercapaian SMK Darul Abror

Misi 1: Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berakar pada norma agama, budaya bangsa dan nilai-nilai pesantren.

Tujuan:

  1. Meningkatkan kepribadian yang sesuai dengan norma agama

Indikator Ketercapaian:

  1. Terbiasa berdoa sebelum dan setelah selesai kegiatan
  2. Adanya kebiasaan berinfaq
  3. Adanya kebiasaan mendoakan bagi keluarga siswa, guru dan karyawan serta warga masyarakat yang terkena musibah
  4. Terbiasa berpakaian sesuai dengan norma agama, budaya bangsa dan nilai-nilai pesantren
  1. Membiasakan beribadah sesuai dengan syariat Islam.

Indikator Ketercapaian:

  1. Terbiasa melaksanakan ibadah sholat berjamaah
  2. Terbiasa membaca kitab suci Al Qur’an
  3. Terbiasa merayakan perayaan hari besar keagamaan
  4. Terbiasa berpuasa wajib di bulan Ramadhan dan puasa sunah
  1. Membiasakan perilaku yang berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai pesantren

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya kebiasaan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, santun)
  2. Adanya kebiasaan 5R(Rapi, Ringkes, Rawat, Resik, Rajin)
  3. Adanya kebiasaan sikap jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, tanggung jawab dan menghargai perbedaan.
  4. Adanya kebiasaan menjenguk warga sekolah yang sedang mengalami musibah, seperti sakit, kematian dan lainnya
  5. Adanya kebiasaan bertutur kata yang sesuai dengan norma agama, budaya bangsa dan nilai-nilai pesantren
  6. Adanya budaya antri dalam setiap kegiatan
  7. Adanya pembiasaan kegiatan kebersihan lingkungan
  8. Adanya cium tangan dari siswa dengan guru (sesuai jenis kelamin)
  9. Adanya perilaku penghormatan dengan menunduk dari yang muda ke yang lebih tua
  10. Adanya pembiasaan ijin pada setiap kegiatan
  11. Adanya tim Satuan Tugas Pelaksana Pembinaan Kesiswaan (STP2K)
  1. Menguatkan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya kegiatan ektrakurikuler wajib pramuka
  2. Adanya kegiatan ekstrakurikuler pilihan
  3. Adanya diklat kepemimpinan dasar pada semua ekstrakurikuler
  4. Adanya kepengurusan organisasi kesiswaan yang berkesinambungan
  5. Adanya kegiatan lomba di lingkungan sekolah  
  1. Membudayakan kepribadian yang sesuai dengan budaya bangsa.

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya kebiasaan saling membantu bila ada warga sekolah yang sedang mengalami musibah atau kesusahan
  2. Adanya kegiatan silaturahmi dengan warga sekolah
  3. Adanya kebiasaan guru dan tenaga kependidikan datang lebih awal untuk menyambut peserta didik
  4. Adanya kegiatan kerelawanan oleh warga sekolah dalam memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar
  1. Menumbuhkembangkan rasa nasionalisme.

Indikator Ketercapaian:

  1. Adanya pemutaran lagu Nasional dan pendidikan sebelum kegiatan pembelajaran
  2. Adanya kegiatan upacara bendera dengan mengenakan seragam atau pakaian yang sesuai
  3. Adanya budaya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada awal kegiatan
  4. Adanya budaya menyanyikan lagu Nasional pada akhir kegiatan
  5. Adanya kebiasaan hormat bendera
  6. Adanya perayaan hari besar nasional dengan menghayati pemikiran dan semangat yang melandasinya
  7. Adanya keikutsertaan warga sekolah dalam kegiatan bela Negara
  1. Mengembangkan layanan bimbingan dan konseling dalam pembinaan karakter peserta didik
    1. Adanya jam layanan klasikal (BK masuk kelas)
    1. Adanya metode dan strategi dalam proses bimbingan dan konseling individu atau kelompok yang bervariasi
  • Misi 2: Mengembangkan Sekolah Pencetak Wirausaha

Tujuan:

  • Mengembangkan kelas wirausaha.
    • Adanya penambahan kelas wirausaha pada setiap tahun
    • Adanya kegiatan wirausaha
  • Mengembangkan produk kreatif dan kewirausahaan.
    • Adanya pembuatan produk kreatif pada setiap program keahlian
    • Adanya pengembangan produk kreatif pada setiap tahun
    • Adanya pemasaran produk kreatif berbasis online dan offline
    • Adanya pameran produk kreatif di technopark dan ekspo
  • Mengembangkan kurikulum berbasis wirausaha.
    • Adanya pengembangan kurikulum pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan
    • Adanya pengintegrasian muatan wirausaha pada setiap mata pelajaran
    • Adanya pembelajaran teaching factory
    • Adanya pengembangan Unit Produksi
  • Mengembangkan bussines centre sebagai pusat wirausaha.
    • Adanya kegiatan wirausaha di bussines centre
    • Adanya pengembangan pelayanan wirausaha di bussines centre
  • Mengembangkan koperasi sekolah.
    • Adanya koperasi siswa
    • Adanya koperasi guru dan karyawan
  • Misi 3: Menciptakan lingkungan sekolah yang berwawasan adiwiyata.

Tujuan:

  • Melaksanakan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang terencana bagi warga sekolah.

Indokator ketercapaian:

  • Terpelihara dan terawatnya gedung dan lingkungan sekolah oleh warga sekolah
    • Adanya pemanfaatan lahan dan fasilitas sekolah sesuai kaidah perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
    • Adanya pengembangan kegiatan ekstrakulikuler yang sesuai dengan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
    • Adanya kreatifitas dan motivasi warga sekolah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup
    • Adanya kerja bakti membersihkan lingkungan berkelompok lintas kelas dan berbagi tugas
    • Adanya pembiasaan penggunaan sumber daya sekolah (air, listrik, telepon) secara efisien
    • Adanya pembiasaan perawatan tanaman di lingkungan sekolah secara bergilir antar warga sekolah
    • Adanya pembiasaan memilih, memilah dan membuang sampah pada tempat yang sesuai
    • Adanya pembiasaan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
  • Menjalin kemitraan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan berbagai pihak (masyarakat, pemerintah, swasta dan media).

Indikator ketercapaian:

  • Adanya partisipasi mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar
    • Adanya pemanfaatan nara sumber untuk meningkatkan pembelajaran lingkungan hidup
    • Adanya dukungan dari kalangan terkait dengan sekolah untuk meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah
    • Adanya kegiatan pengelolaan bank sampah bekerja sama dengan dinas kebersihan setempat
  • Misi 4: Melaksanakan pendidikan yang modern dengan nilai-nilai pesantren.

Tujuan:

  • Mengembangkan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi profesional yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan DU/DI.

   Indikator ketercapaian:

  • Adanya penyelarasan kurikulum dengan DU/DI
    • Tersertifikasinya lulusan melalui uji Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)
    • Terlaksananya pembelajaran produktif sesuai dengan SKKNI dan industri
    • Adanya praktek kerja industri
    • Adanya kelas industri
    • Tersertifikasinya lulusan melalui uji TOEFL/TOEIC
    • Lulusan memiliki sertifikat sebagai peserta seminar nasional
    • Adanya pembelajaran berbasis teaching factory
    • Adanya kegiatan pameran hasil karya
    • Adanya kegiatan literasi sekolah
    • Adanya kegiatan pameran seni
    • Adanya kegiatan jurnalistik
    • Adanya kegiatan ilmiah/penelitian
    • Adanya kemampuan berbahasa internasional bagi peserta didik
    • Adanya kegiatan lomba kompetensi siswa
    • Adanya lembaga LSPP 1 yang kredibel
  • Mengembangkan kerja sama dengan institusi pemerintah, masyarakat swasta nasional dan internasional.

Indikator ketercapaian:

  • Adanya kerjasama dengan institusi pemerintah
    • Adanya kerjasama dengan kepolisian
    • Adanya kerjasama dengan balai latihan kerja (BLK)
    • Adanya kerjasama dengan dinas kesehatan
    • Adanya kerjasama dengan palang merah Indonesia (PMI) daerah
    • Adanya kerjasama dengan lembaga pendidikan keterampilan (LPK)
    • Adanya kerjsama denga perguruan tinggi
    • Adanya kerjasama dengan kemenag dalam pendidikan keagamaan
    • Adanya kerjasama dengan dinas pemuda dan olahraga dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat
    • Adanya kerjasama dengan pihak luar dalam pengembangan budaya dan pariwisata
    • Adanya kerjasama dengan bank dalam pengelolaan keuangan
    • Adanya kerjasama dengan dinas lingkungan hidup dalam pengelolaan lingkungan
    • Adanya kerjasama dengan dinas perhubungan dalam pengembangan perhubungan
    • Adanya kerjasama dengan DU/DI lokal/ daerah dalam kegiatan prakerin
    • Adanya kerjasama dengan DU/DI nasional dalam kegiatan prakerin
    • Adanya kerjasama dengan lembaga pendidikan untuk persiapan magang ke luar negeri
    • Adanya kerjasama dengan lembaga internasional
    • Adanya kerjasama dengan DU/DI dalam penyaluran tamatan
    • Adanya kerjasama dengan DU/DI dalam kegiatan magang guru
  • Mengembangkan pembelajaran berbasis IT dan e-learning.

Indikator ketercapaian:

  • Terselenggaranya pembelajaran berbasis IT
    • Terselenggaranya pembelajaran berbasis e-learning
    • Terselenggaranya ujian berbasis CBT
    • Tersedianya perangkat dan jaringan internet yang memadai
  • Mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah berbasis informasi teknologi (IT).

Indikator ketercapaian:

  • Adanya SIM Akademik
    • Adanya SIM kesiswaan
    • Adanya SIM presensi online bagi pegawai
    • Adanya SIM presensi online bagi peserta didik
    • Adanya SIM kepegawaian
    • Adanya SIM pengelolaan barang
    • Adanya SIM pengelolaan keuangan
    • Adanya SIM web sekolah
    • Adanya SIM pengelolaan Bursa Kerja Khusus (BKK)
    • Adanya pengelolaan surat elektronik
    • Adanya SIM persuratan digital
    • Adanya SIM arsip digital
    • Adanya SIM Digital Library
    • Adanya PPDB online
  • Mengembangkan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.

Indikator ketercapaian:

  • Adanya promosi jabatan dan tugas
    • Adanya penguatan kompetensi dan kinerja
    • Adanya beasiswa melanjutkan pendidikan
    • Adanya insentif atau istirahat kerja
    • Adanya piagam penghargaan
    • Adanya penghargaan informal (pujian, senyum, makan bersama dan refresing/wisata)
    • Adanya kegiatan lomba kompetensi guru
    • Adanya kemampuan berbahasa internasional bagi pendidik dan tenaga kependidikan
    • Tersertifikasinya guru dengan sertifikat pendidik
    • Tersertifikasi kompetensi bagi guru produktif
    • Tersertisikasi asesor kompetensi bagi guru produktif
    • Tersertifikasi teknisi bagi tenaga teknis
    • Tersertifikasinya kepala perpustakaan
    • Tersertifikasinya kepala laboratorium
    • Adanya magang guru ke industri
    • Adanya diklat kompetensi bagi pendidik
    • Adanya diklat bagi tenaga kependidikan
    • Adanya kegiatan supervisi kinerja secara periodik bagi pendidik dan tenaga kependidikan
  • Mengembangkan manajemen pengelolaan pendidikan berbasis sekolah.

Indikator ketercapaian:

  • Adanya perencanaan program sekolah berupa; visi, misi dan tujuan sekolah yang sesuai dengan tuntutan global
    • Adanya rencana kerja jangka menengah (RKJM) dan rencana kerja tahunan (RKT) yang mengarah pada visi, misi dan tujuan sekolah
    • Adanya evaluasi secara periodik minimal 6 bulan sekali pada dokumen perencanaan sekolah
    • Adanya dasar perumusan dan penetapan arah kebijakan serta kebijakan sekolah melalui; hasil evaluasi diri sekolah, capaian ujian dan masukan pemangku kepentingan sekolah
    • Adanya RKT yang mencakup; kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasarana, keuangan dan pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan kemitraan, dan rencana kerja lain yang sesuai dengan program sekolah.
    • Adanya pedoman sekolah yang meliputi;
      • Kurikulum tingkat satuan pendidikan yang sesuai dengan visi dan misi
      • Kalender pendidikan/akademik
      • Struktur organisasi sekolah
      • Pembagian tugas di antara pendidik
      • Pembagian tugas di antara tenaga kependidikan
      • Peraturan akademik
      • Tata tertib sekolah
      • Kode etik sekolah
      • Biaya operasional sekolah
      • Pedoman sekolah aman
      • Pedoman sekolah sehat
      • Pedoman sekolah adiwiyata
    • Adanya kegiatan evaluasi secara periodik pada pedoman sekolah
    • Adanya pengelolaan biaya investasi dan operasional sekolah yang mencakup;
      • Sumber pemasukan
      • Jenis pengeluaran
      • Jumlah dana yang dikelola
      • Penyusunan anggaran
      • Pencairan anggaran
      • Penggalangan dana luar
      • Subsidi silang
      • Kewenangan pengelola anggaran
      • Pembukuan
  • PROFIL LULUSAN
  • Profil Lulusan

Lulusan SMK Darul Abror adalah sumber daya manusia yang berakhlak mulia, peduli lingkungan, mampu berwirausaha dan berwawasan modern dengan nilai-nilai pesantren, dibuktikan dengan:

  1. Bersertifikat praktek pengamalan ibadah
  2. Bersertifikat tahfidz Al Qur’an
  3. Bersertifikat praktek pengabdian masyarakat
  4. Bersertifikat menjadi pengurus organisasi siswa di sekolah
  5. Bersertifikat lulus pendidikan karakter
  6. Bersertifikat kompetensi dari Uji Kompetensi Kejuruan/LSP
  7. Bersertifikat praktek kerja industri
  8. Bersertifikat lulus sebagai sales dari Bussines centre/Unit Produksi
  9. Bersertifikat TOEFL/TOEIC
  10. Bersertifikat seminar pendidikan/wirausaha/keterampilan
  11. Bersertifikat sebagai peserta kelas wirausaha
  12. Bersertifikat pengembangan minat dan bakat peserta didik
  • Klasifikasi Lulusan
No Klasifikasi Kriteria
1 Sangat Baik/ Istimewa Tahfidz Al Qur’an lebih dari 3 JuzMemiliki sertifikat praktek pengamalan ibadah dengan predikat SANGAT BAIKMemiliki sertifikat praktek pengabdian masyarakat dengan predikat SANGAT BAIKMemiliki sertifikat pendidikan karakter dengan predikat SANGAT BAIKMemiliki sertifikat uji LSP dengan predikat kompetenMemiliki sertifikat praktek kerja industri dengan predikat SANGAT BAIKMemiliki sertifikat TOEFL/TOEIC minimal skor 300Memiliki sertifikat pengembangan minat dan bakat dengan predikat SANGAT BAIKMemiliki nilai rata-rata UN minimal 5.50
2 Baik Tahfidz minimal 2 juz Al Qur’an
Memiliki sertifikat praktek pengamalan ibadah dengan predikat minimal BAIK
Memiliki sertifikat praktek pengabdian masyarakat dengan predikat minimal BAIK
Memiliki sertifikat pendidikan karakter dengan predikat minimal BAIK
Memiliki sertifikat uji kompetensi kejuruan dengan predikat kompeten
Memiliki sertifikat praktek kerja industri dengan predikat minimal BAIK
Memiliki sertifikat TOEFL/TOEIC minimal skor 250
Memiliki sertifikat pengembangan minat dan bakat dengan predikat minimal BAIK
Memiliki nilai rata-rata UN minimal 4,50
3 Cukup Tahfidz minimal 1 juz Al Qur’an
Memiliki sertifikat praktek pengamalan ibadah dengan predikat minimal BAIK
Memiliki sertifikat praktek pengabdian masyarakat dengan predikat minimal BAIK
Memiliki sertifikat pendidikan karakter dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki sertifikat uji kompetensi kejuruan dengan predikat kompeten
Memiliki sertifikat praktek kerja industri dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki sertifikat TOEFL/TOEIC minimal skor 200
Memiliki sertifikat pengembangan minat dan bakat dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki nilai rata-rata UN minimal 3,50
4 Kurang Tahfidz kurang dari 1 juz Al Qur’an
Memiliki sertifikat praktek pengamalan ibadah dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki sertifikat praktek pengabdian masyarakat dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki sertifikat pendidikan karakter dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki sertifikat uji kompetensi kejuruan dengan predikat kompeten
Memiliki sertifikat praktek kerja industri dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki sertifikat TOEFL/TOEIC minimal skor 200
Memiliki sertifikat pengembangan minat dan bakat dengan predikat minimal CUKUP
Memiliki nilai rata-rata UN kurang dari 3.50