Jurusan

Desain Komunikasi Visual

Bidang Keahlian      : Seni dan Ekonomi Kreatif
Program Keahlian   : Desain Komunikasi Visual

Tujuan kompetensi keahlian Desain Komunikasi Visual SMK Darul Abror adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :

  1. Mendidik dan melatih peserta didik mampu memiliki wawasan yang luas dan aplikatif dalam desain komunikasi visual
  2. Menyiapkan peserta didik memiliki jiwa interpreneur sehingga mampu bersaing dalam dunia industri
  3. Menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan sebagai seorang desainer grafis, fotografer dan videografi.
  4. Menyiapkan peserta didik sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, kreatif dan jujur untuk mengisi kebutuhan dunia industri
  5. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berguna untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

PROFIL PROGRAM KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) mempertemukan seni dan teknologi dalam sebuah proses hasil karya seorang desain. Lulusan program studi ini memahami dasar dasar seni desain yang baik sekaligus menguasai teknologi di bidang desain grafis dan animasi untuk menghasilkan kreasi-kreasi yang penuh inovasi. Menjadikan Peserta didik DKV SMK Darul Abror dengan pengetahuan komunikasi visual yang kreatif, memahami makna sejarah dan budaya serta teknologi. Menghasilkan lulusan yang mampu menghasilkan portofolio media baru yang jelas dengan menunjukan kualitas, kreativitas, wawasan konseptual dan sikap standar seorang desain profesional. Ilmu dan kemampuan yang diperoleh lulusan prodi ini dapat diterapkan di berbagai aplikasi seperti desain untuk media cetak (koran, majalah, tabloid, buku), media elektronik (televisi, film) atau media on-line (desain web, multimedia portal dan digital publishing).

Profil kompetensi keahlian SMK Program Desain Komunikasi Visual terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generik, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.

Operator WEB :

  1. Mengoperasikan Pereferal Grafis
  2. Melakukan entry data (grafis) dengan image scanner (level 1)
  3. Mengoperasikan software pengolah gambar vektor
  4. Menoperasikan software pengolah gambar raster
  5. Mengoperasikan pereferal WEB
  6. Melakukan entry data (web) dengan image scanner (level 2)
  7. Mengoperasikan software web design
  8. Menoperasikan softare animasi 2 D
  9. Mengoperasikan software FTP

Operator Madya

  1. Menoperasikan pereferal Multimedia
  2. Melakukan entry data dengan image scanner (level 2 )
  3. Mengoperasikan software multimedia
  4. Mengoperasikan software persentase (level 2)
  5. Mengoperasikan pereferal animasi 3D
  6. Mengoperasikan softare basic 3D animation (level 1)
  7. Mengoperasikan softare model 3D animation (level 2)

Operator unggul

  1. Mengoperasikan Pereferal perekam suara
  2. Mengoperasikan Pereferal perekam gambar
  3. Mengoperasikan Software digital Audio
  4. Mengoperasikan software digital Video
  5. Mengoperasikan software Visual Effect

RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:

  1. Pengembang WEB (web development)
  2. Pengembang Multimedia (multimedia development)
  3. Pengembang Permainan (game development)
  4. Rumah produksi sinema dan film (production house)
  5. Industri media dan periklanan (media and advertisement)